Jibo, Robot sosial yang cerdas dan bisa jadi asisten keluarga


www.jibo.com

Jibo adalah robot sosial yang sampai sekarang masih terus dikembangkan yang mana tujuan awal dibuat adalah untuk membantu kehidupan manusia.
Jibo disebut-sebut sebagai robot sosial pertama di dunia. Setelah lebih dari beberapa tahun melakukan kampanye di Indiegogo, robot ini akhirnya akan dilepas ke pasaran dengan harga US$ 899 atau sekitar Rp 12 juta.

Bersamaan dengan kehadiran robot ini, perusahaan juga akan merilis software developer kit robot ini mulai tahun depan. Dengan software ini, pengembang dapat menciptakan aplikasi yang memanfaatkan seluruh kemampuan dari robot Jibo.

Sekadar informasi, robot Jibo memiliki kemampuan untuk mengenali wajah dan suara penggunanya. Robot ini dibekali dengan beragam kemampuan, seperti menceritakan lelucon, mendongeng, termasuk mengingat hal yang disukai dan tidak disukai oleh penggunannya.

Berbekal kemampuan tersebut, Jibo disebut sebagai robot yang dapat menjadi teman, tak sekadar asisten.

/www.zukunftsinstitut.de

Menurut rencana, robot ini akan mulai dikapalkan November 2017. Perusahaan menyebut lebih dari 2.500 penyokong dana untuk proyek ini sudah mendapatkan Jibo.

Dr. Cynthia Breazeal, merupakan wanita cerdas dibalik terciptanya Jibo. Dr Cynthia Breazeal adalah seorang Direktur The Personal Robots Group (formerly the Robotic Life Group) di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Ketertarikan pada dunia robot dimulai sejak kecintaannya pada film Star Wars.
Ia mempunyai impian tak sekadar untuk bisa menciptakan sebuah robot, namun robot yang juga dapat mengerti dan bersosial kepada manusia. Untuk itu, terciptalah Jibo, yang diklaim sebagai robot sosial pertama yang mampu berinteraksi dan bersosial yang diperuntukkan sebagai asisten cerdas keluarga.

Lalu, apa saja sih fitur yang diusung Jibo sebagai robot sosial untuk keluarga? Yuk, langsung aja.

Jibo adalah robot tanpa kaki dan tangan dengan desain mirip seperti lampu hias.
www.slashgear.com

Jibo merupakan robot tanpa kaki dan tangan atau bisa dikatakan sebagai robot desktop. Dari segi desain, Jibo memiliki bentuk seperti lampu hias. Jibo sendiri memiliki 2 bagian utama, yaitu bagian pertama merupakan layar bulat yang berfungsi sebagai screen yang dapat berputar ke segala arah dan bagian kedua berupa penyangga. 


Jibo dapat menerima perintah suara.
www.ubergizmo.com

Modul Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang tertanam, Jibo mampu dapat menerima pesan atau instruksi suara yang diberikan kepadanya, seperti perintah untuk mengambil foto. Tak hanya sekedar mengambil foto, Jibo bahakan mampu mendeteksi emosi wajah di sekitarnya. Bahkan komunikasi antara Jibo dengan pengguna merupakan komunikasi dua arah, layaknya komunikasi antar manusia. Jibo juga mampu merespon ekspresi dirinya terhadap lawan bicara melalui layar.


Jibo mampu mengenali setiap wajah dan jenis suara anggota keluarga.
www.idntimes.com

Selain fitur diatas, Jibo juga mampu mengenai dan terhubung dengan perangkat rumah dan Jibo bisa menjadi teman bagi anak-anak karena  mampu membacakan cerita-cerita atau dongeng atau bahkan memberikan lelucon padamu. Tak hanya sekedar membacakan, Jibo juga akan memberikan visualisasi terhadap cerita yang dibacakan dan ditampilkan pada layarnya. Selain itu, anak juga dapat berinteraksi seru dengan Jibo.



Comments

loading...