Robot canggih ASIMO memiliki kemampuan menyerupai manusia


Robot canggih diprogram dengan sistem tertentu agar sesuai dengan tujuan awal pembuatannya, hingga mampu melakukan gerakan-gerakan yang sesuai dengan program penciptanya, misal robot perang, robot pelayan, robot pengajar, robot pekerja, dan sebagainya.


Robot ASIMO Adalah robot humanoid yang dibuat oleh Honda. Dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram, penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronotnya yang membawa ransel.

ASIMO dapat berjalan dengan dua kaki dengan gaya berjalan yang menyerupai manusia hingga kecepatan 6 km/jam.

ASIMO diciptakan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Honda Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako di Jepang. Model yang sekarang merupakan versi sebelas, semenjak dimulainya proyek ASIMO pada 1986.

 ASIMO (Advanced Step in Innovative Mobility) robot ini sudah mengalami beberapa tahap pengembangan.

ASIMO kini telah mempunyai kemampuan kecerdasan yang semakin meningkat seperti mengenali wajah lawan bicaranya, serta mengenali suara manusia yang berinteraksi dengannya. Dua kemampuan tersebut telah mampu diterapkan ASIMO dalam waktu yang bersamaan.



Kemampuan lainnya robot ASIMO versi terbaru ialah dapat berjalan cepat, berjalan mundur, melompat, naik dan turun anak tangga.

ASIMO juga mempunyai kemampuan untuk menghentikan aksinya dan mengubah perilakunya sesuai dengan respon lingkungan sekitarnya. ASIMO dapat pula mengamati yang akan diperbuat oleh manusia dengan akurat.


Comments

loading...