Robot ATLAS, robot untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan

www.wired.com

Robot Atlas sedang melakukan backflip


Robot-robot humanoid pada umumnya tidak bisa melakukan gerakan-gerakan seperti yang dilakukan robot atlas ini.. Sangat sulit untuk membuat robot bipedal yang dapat bergerak secara efektif. Keindahan pada  robot berkaki empat adalah bahwa mereka dapat menyeimbangkan tubuhnya dengan mudah, baik saat istirahat dan saat mereka bergerak, tetapi untuk tipe biped seperti Atlas harus menyeimbangkan tubuh bagian atas yang besar hanya dengan dua kaki. Dengan demikian, Anda dapat berargumentasi bahwa ahli robot dapat lebih baik menghabiskan waktu mereka pada bentuk non-manusia yang lebih mudah dikuasai.

Pembuatan Robot Atlas dimaksudkan untuk membantu layanan darurat dalam operasi pencarian dan penyelamatan,dengan  melakukan tugas-tugas seperti mematikan katup, membuka pintu dan mengoperasikan peralatan bertenaga di lingkungan di mana manusia tidak dapat bertahan hidup.  Departemen Pertahanan menyatakan pada 2013 bahwa mereka tidak tertarik menggunakan robot untuk perang ofensif atau defensif.

Dalam kompetisi robotika Darpa 2015, Atlas tidak dapat menyelesaikan setidaknya delapan tugas yang diberikan,  sebagai berikut:

Perjalanan turun dari puing-puing.

Hilangkan puing-puing yang menghalangi jalan masuk.

Buka pintu dan masuki gedung.

Naiki tangga industri dan lintasi jalan industri.

Gunakan alat untuk menerobos panel beton.

Cari dan tutup katup dekat pipa yang bocor.

Sambungkan selang pemadam ke pipa tegak dan hidupkan katup.






Comments

loading...